Berlanggangan

Jumat, 11 Mei 2012

BRI Buka ATM Drive Thru Pertama di Malang

bisnis-jatim.com
Oleh: Choirul Anam - Wed May 09, 5:04 pm

MALANG : BRI Kanwil Malang terus melakukan ekspansi menambah 185 ATM baru dan membuka outlet layanan drive thru di dua titik pada 2012. Pemimpin Wilayah BRI Malang Achmad Chairul Ganie mengatakan penambahan ATM terutama berada di Malang Raya, yakni sebanyak 162 titik. Hal itu karena  nilai transaksi di kawasan itu  merupakan terbesar ke dua setelah Surabaya di Jawa Timur.“Investasi untuk pengadaan mesin ATM mencapai Rp80 juta per unitnya,” ujarnya, Rabu 9 Mei 2012.Saat ini jumlah mesin ATM di wilayah kerja Kanwil BRI Malang sebanyak 596 unit. Layanan drive thru BRI Malang, menurutnya,  merupakan bagian layanan e-channel. Saat ini, layanan tersebut berada di Jl Pahlawan Trip, sedangkan satu unit lainnya masih dicari tempatnya. Layanan e-channel lainnya, ujar Achmad, , dengan penjualan kartu Brizzi. Saat ini, sudah 187 merchant yang tergabung dalam layanan tersebut.Selain itu, sambungnya, peningkatan layanan nasabah, terutama pada layanan e-channel dengan  layanan cash deposit machine. Di Malang, layanan tersebut berada di Mal Olympic Garden, Jl. Kawi.
Yang juga menjadi perhatian, layanan electronic data capture (EDC). Saat ini, peralatan tersebut tersedia di 1.218 lokasi di department-department store, restoran, dan lainnya. Pada 2012, lanjut dia, layanan tersebut juga ditambah. Jumlahnya sebanyak 12 unit.
Wali Kota Malang Peni Suparto dalam sambutan atas pembukaan outlet layanan drive thru BRI Kanwil Malang di Jl Pahlawan Trip Kota Malang, mengatakan pelayanan oleh BRI di bidang e-channel tersebut patut disambut.Dengan layanan tersebut, ujarnya, akan memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan perbankan. Mereka tidak perlu repot turun dari kendaraan. Cukup dari atas kendaraan, mereka sudah mendapatkan layanan perbankan secara baik. Keberadaan layanan itu di Kota Malang, kata wali kota, sungguh tepat. Pasalnya, kota ini merupakan kota wisata. Dengan adanya layanan tersebut maka memudahkan wisatawan yang akan mendapatkan layanan perbankan di BRI dan cepat.
Sebelumnya,  BRI Kanwil Malang membidik penghimpunan dana pihak ke tiga (DPK) mencapai Rp. 19 triliun pada 2012 yang terutama disumbang penghimpunan dana murah, yakni tabungan dan giro. Sampai dengan Maret 2012 penghimpunan DPK BRI Wilayah Malang mencapai Rp16 triliun. Proporsi penerimaan dana murah, tabungan dan giro, mencapai 68%-72%, sisanya deposito.Dari sisi penyaluran kredit,  BRI Kanwil Malang mengejar target pertumbuhan penyaluran kredit sebesar Rp4 triliun pada 2012 atau tumbuh 35% bila dibandingkan dengan realisasi kredit 2011 dan sampai Maret outstanding Rp15,6 triliun.Penyaluran kredit kebanyakan untuk modal kerja dan investasi. Proporsinya mencapai 75%, sedangkan sisanya untuk konsumsi.(bas)